Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa
|
Bahasa Ingris sebagai Bahasa international , memang perlu dikembangkan dalam pembelajaran disekolah .akan t\etapi pembelajaran
Bahasa Inggris yang konvensional cenderung berpusat pada guru dan
mengabaikan keberadaan peserta didik. Pembelajaran bahasa Inggris yang
baik tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif namun juga menanamkan
nilai pada diri peserta didik. Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa
pada mata pelajaran bahasa Inggris adalah bersahabat/komunikatif, peduli
sosial, rasa ingin tahu, demokratis, mandiri, kerja keras, disiplin,
dan senang membaca. Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dapat
ditanamkan pada diri peserta didik dengan pembelajaran bahasa Inggris
secara kontekstual. Konsep constructivism, inquiry, dan questioning
relevan dengan nilai-nilai mandiri, kerja, dan rasa ingin tahu.
Sedangkan, nilai-nilai bersahabat/ komunikatif, peduli sosial, disiplin,
gemar membaca, dan demokratis dapat ditanamkan dengan konsep learning
community, modeling, reflection, dan authentic assessment. Prosedur
pembelajaran bahasa Inggris yang berkarakter adalah membuat peserta
didik mengkonstruksi pengetahuan bahasa Inggris secara aktif, memperoleh
pengetahuan melalui pengalaman, berdiskusi dalam kelompok, dan bekerja
dalam kelompok. Di samping itu, guru menghadirkan model sebagai contoh
pembelajaran, melakukan refleksi di akhir pertemuan, dan melakukan
penilaian proses.
Nilai karakter yang dapat
diitegrasikan dalam mata pelajaran bahasa Inggris terdiri dari beberapa nilai
karakter pokok atau utama. Ketentuan yang berkenaan dengan nilai karakter pokok
atau utama itu bukan berarti membatasi pengenalan, pengembangan, dan pembudayaan
nilai karakter yang lain. Artinya, nilai karakter yang lain, sepanjang
memungkinkan diitegrasikan dalam pembelajaran, juga dianjurkan untuk
dikenalkan, dikembangkan, dan dibudayakan dalam kehidupan nyata peserta didik.
Nilai karakter pokok, dalam hal ini, ialah nilai karakter yang dijadikan
pangkal tolak pengembangan nilai karakter yang lain. Melalui penanaman,
pengembangan, dan pembudayaan nilai karakter pokok ini diharapkan nilai
karakter yang lain dapat dikembangkan pula. Nilai karakter utama ialah nilai
karakter yang diprioritaskan untuk ditanamkan, dikembangkan, dan dibudayakan
bagi dan oleh peserta didik. Beberapa nilai karakter utama juga disebutkan
dalam nilai karakter pokok karena nilai karakter itu merupakan dasar atau
pangkal tolak pengenalan, pengembangan, dan pembudayaan nilai karakter yang
lain.
Satu
hal yang perlu disadari ialah tidak ada nilai karakter kehidupan manusia yang
berdiri sendiri, terpisah satu dengan yang lain. Nilai karakter yang satu dan
nilai karakter yang lain senantiasa saling bersinggungan, tumpang tindih, dan
atau terkait; bahkan nilai karakter yang satu kadang merupakan prasyarat bagi
nilai karakter yang lain; nilai karakter yang satu kadang juga merupakan
manifestasi atau perwujudan dari nilai karakter yang lain.
Untuk
mata pelajaran bahasa Inggris, nilai karakter pokok dan nilai karakter utama
yang dianjurkan untuk diitegrasikan dalam pembelajaran dapat dikemukakan
sebagai berikut.
A Nilai
Karakter Pokok dan Indikatornya
Di antara butir-butir nilai
karakter yang dianjurkan untuk diintegrasikan dalam pembelajaran, ada enam
butir nilai yang dipilih sebagai nilai karakter pokok, yaitu nilai karakter
yang menjadi pangkal tolak pengembangan nilai karakter yang lain. Enam nilai
karakter pokok tersebut dapat dirumuskan indikatornya berdasarkan empat
kompetensi keterampilan berbahasa seperti berikut :
1. Religiusitas Mengawali dan mengakhiri pelajaran dengan berdoa, memberi ucapan (teks fungsional pendek) dalam perayaan Lebaran, Natal, dan kegiatan lain yang sejenis 2. Kecerdasan Merespon makna dan mengungkapkan pendapat secara runtut, baik secara lisan maupun tertulis. 3. Kesantunan Menggunakan ungkapan dengan santun disertai gerak tubuh yang sesuai. 4. Kejujuran Mengungkapkan fakta secara benar. 5. Percaya diri Menggunakan bahasa secara benar, lancar, tidak ragu-ragu dengan bahasa tubuh yang wajar. 6. Kepedulian Menggunakan bahasa secara benar, lancar, tidak ragu-ragu dengan bahasa tubuh yang wajar. 7. Kerjasama Melakukan diskusi secara berpasangan atau curah pendapat dalam kelompok maupun kelas pada setiap proses pembelajaran. 8. Menghargai keberagaman Memberi pujian atas hasil kerja teman, dan menerima adanya perbedaan pendapat dalam kegiatan pembelajaran. 9. Ketangguhan Berupaya untuk belajar dari kesalahan demi perbaikan dan pencapaian hasil belajar yang lebih baik. 10. Demokrasi Bersedia mendengarkan , meminta dan mengungkapkan pendapat. 11. Kemandirian Menyelesaikan tugas-tugas secara bertanggung-jawab dan dengan usaha sendiri. 12. Kepatuhan pada aturan sosial Mentaati peraturan-peraturan yang ditulis dalam bahasa Inggris di lingkungan sekolah. Untuk lebih jelasnya, secara umum, paparan nilai-nilai utama karakter dan budaya bangsa tersebut di atas selanjutnya dapat dicerminkan, antara lain pada saat memformulasikan indikator dan mengembangkan bahan ajar. Berikut ini adalah beberapa contoh pengintegrasian masing-masing nilai karakter pada indikator dan bahan ajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.
Contoh-contoh Pengintegrasian Nilai-nilai Karakter
Utama
Pada bagian ini disajikan beberapa contoh pengintegrasian
nilai-nilai karakter seperti kesantunan, kejujuran, kepercayaan diri, kepedulian
sosial, tanggung jawab, kecerdasan, kerjasama, upaya menghargai keberagaman dan nilai demokrasi, pada indikator dan selanjutnya direfleksikan pada
latihan atau aktivitas pembelajaran bahasa Inggris (bahan ajar).
1.
Kesantunan
Indikator : merespon dan mengungkapkan kesantunan
Bahan ajar : Please open the door (ungkapan kesantunan)
2.
Kejujuran
Indikator : meminta dan memberi informasi yang benar
Bahan ajar : Where is the post office? (asking direction)
3.
Kepercayaan diri
Indikator : membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar
Bahan ajar : Read
the text aloud (misalnya dengan memberikan teks tulis
berbentuk deskriptif)
4.
Kepedulian sosial
Indikator : menyapa orang yang sudah/belum dikenal
Bahan ajar : Ungkapan sapaan seperti “Hello”, Good morning” dan
seterusnya.
5. Religiusitas
Indikator : mengungkapkan rasa simpati secara tertulis pada
persitiwa
keagamaan. (menulis
greeting cards)
Bahan ajar : Ungkapan simpati dan teks greeting, misalnya
“Happy
Lebaran Day”, “ Merry Christmas”
6.
Kecerdasan (berpikir logis, kritis dan kreatif)
Indikator : melakukan
monolog dalam bentuk deskriptif
Bahan ajar : Tell your friends about the food you prefer most.
7.
Kerjasama
Indikator : melakukan
percakapan secara berpasangan
Bahan ajar : Make a conversation and perform it in pair
8. Penghargaan terhadap keberagaman
Indikator : memajang
hasil karya tulis untuk diapresiasi/dikomentari
Bahan ajar : Please put the result of your
discussion on the wall and let your
friends give critical comments.
9.
Demokrasi
Indikator : meminta
pendapat
Bahan ajar : What do you think about ...?
Selanjutnya akan dipaparkan pengintegrasian nilai-nilai utama dan nilai-nilai pokok
pendidikan karakter untuk mata pelajaran
Bahasa Inggris, khususnya dalam aspek “perangkat pembelajaran” seperti silabus,
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan “adaptasi buku sekolah elektronik (BSE)”.
B. Kegiatan
Pembelajaran yang Mengembangkan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris
Kegiatan pembelajaran diawali dengan perencanaan perangkat pembelajaran
seperti mengembangan silabus berdasarkan Standar Isi yang kemudian dituangkan
dalam bentuk RPP untuk mengimplementasikan kegiatan pembelajaran di kelas.
Silabus dan RPP yang telah dikembangkan sebelumnya dan belum bermuatan
nilai-nilai pendidikan karakter dapat diadaptasi sesuai dengan usia tumbuh
kembang peserta didik.
Perlu dipahami bahwa pengintegrasian nilai-nilai
karakter dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu (1) menambah kolom khusus
dengan sub judul “Karakter” dalam silabus; (2) dengan menambahkan nilai
karakter yang akan diimplementasikan pada “indikator”, dan (3) pada “kegiatan pembelajaran” dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau (4) mengadaptasi BSE secara lengkap atau
parsial sebelum pembelajaran dilaksanakan atau selama pembelajaran
dilaksanakan. Berikut ini disajikan contoh
pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam Silabus dan RPP Mapel
Bahasa Inggris kelas XI.
|
good morning madam,
BalasHapushow to tips learn English in order to quickly understand,madam ?
thank you :)